Ada kesalahan di dalam gadget ini

MP3 IKHSAN FAUZI POP

Senin, 13 Februari 2012

RPP Bahasa Arab Kls VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) MTs : MTs MA Kananga Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tema : الســاعة Pertemuan ke- : 1 ( satu ) Kelas/Semester : VIII / 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan) A. STANDAR KOMPETENSI 1. MENYIMAK / ISTIMA' Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الســاعة B. KOMPETENSI DASAR  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah ( frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang “as-sa’ah” dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat. C. TUJUAN PEMBELAJARAN  Menyebutkan kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang "jam". D. MATERI PEMBELAJARAN  Bilangan bertingkat  Kata Tanya: kam dan mata E. METODE PEMBELAJARAN  Campuran F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek Life Skill Yang Dikembangkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang الســاعة (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang الســاعة (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang الســاعة (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan 10 50 5 10 5 Pemahaman Konsep G. SUMBER PEMBELAJARAN  Buku paket Bahasa Arab kelas VIII H. ASSESSMENT / PENILAIAN Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar  Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar Tes tulis dan lisan Tanya jawab Uraian Uraian  Buatlah kalimat pertanyaan dengan menggunakan suku kata kam dan mata ! Mengetahui Guru Bidang Studi Bahasa Arab TB. Fahd Al-Haramain ,Lc.S.Pdi 26, 01, 2012 Praktikan Ikhsan fauzi NIM. A.08020088 Kepala Madrasah Drs. TB. E. Nurkholis RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) MTs : MTs MA Kananga Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tema : اعما لنا اليومية Pertemuan ke- : 2 ( dua ) Kelas/Semester : VIII / 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan) A. STANDAR KOMPETENSI 1. MENYIMAK / ISTIMA Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang اعما لنا اليومية B. KOMPETENSI DASAR  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang اعما لنا اليومية dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat. C. TUJUAN PEMBELAJARAN  Menyebutkan kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang اعما لنا اليومية D. MATERI PEMBELAJARAN  اعما لنا اليومية E. METODE PEMBELAJARAN  Campuran F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek Life Skill Yang Dikembangkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang اعما لنا اليومية  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan tentang اعما لنا اليومية  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang اعما لنا اليومية (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentan اعما لنا اليومية (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentan اعما لنا اليومية (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan اعما لنا اليومية (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan 10 50 5 10 5 Pemahaman Konsep G. SUMBER PEMBELAJARAN  Buku paket Bahasa Arab kelas VIII H. ASSESSMENT / PENILAIAN Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar  Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar Tes tulis dan lisan Tanya jawab Uraian Uraian  اعما لنا اليومية Mengetahui Guru Bidang Studi Bahasa Arab TB. Fahd Al-Haramain ,Lc.S.Pdi 26, 01, 2012 Praktikan Ikhsan fauzi NIM. A.08020088 Kepala Madrasah Drs. TB. E. Nurkholis RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) MTs : MTs MA Kananga Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tema : النشطا ت فى المدرسة Pertemmuan ke- : 3 ( tiga ) Kelas/Semester : VIII / 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan) A. STANDAR KOMPETENSI 1. BERBICARA / KALAM Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang النشطا ت فى المدرسة B. KOMPETENSI DASAR  Menyampaikan informasi secara lisan tentang النشطا ت فى المدرسة dengan lafal yang tepat dan benar C. TUJUAN PEMBELAJARAN  Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan di madrasah D. MATERI PEMBELAJARAN  النشطا ت فى المدرسة E. METODE PEMBELAJARAN  Campuran F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek Life Skill Yang Dikembangkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang النشطا ت فى المدرسة  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang النشطا ت فى المدرسة (eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang النشطا ت فى المدرسة (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan النشطا ت فى المدرسة (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan 10 50 5 10 5 Pemahaman Konsep G. SUMBER PEMBELAJARAN  Buku paket Bahasa Arab kelas VIII H. ASSESSMENT / PENILAIAN Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar  Menggunakan / mengucapkan Mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat Prkatek langsung melalui bercerita Tanya jawab / wawancara Uraian Uraian  Terjemahkan kedalam bahasa indonesia Mengetahui Guru Bidang Studi Bahasa Arab TB. Fahd Al-Haramain ,Lc.S.Pdi 26, 01, 2012 Praktikan Ikhsan fauzi NIM. A.08020088 Kepala Madrasah Drs. TB. E. Nurkholis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar