Minggu, 19 Februari 2012

RPP TAFSIR ULUMUL TAFSIR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : Madrasah Aliyah MA Pusat Mata Pelajaran : Tafsir dan ilmu Tafsir Kelas / Semester : XI / 2 Standar Kompetensi : Memahami tafsir dan ilmu tafsir, ilmu – ilmu Bantu tafsir al – quran, metode – metode tafsir serta menerapkan ilmu tafsir pada ayat – ayat sederhana Kompetensi Dasar : Menjelaskan pentingnya pendayagunaan akal pikiran dengan baik ( a.l.Q.S. Fathir : 27 -28 ) Pertemuan ke - 1 ( satu ) Alokasi Waktu : 2 X 45 menit ( 1 pertemuan) Tujuan Pembelajaran • Siswa dapat Memahami tafsir dan ilmu tafsir serta menerapkan ilmu tafsir pada ayat – ayat sederhana. Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Materi Pembelajaran • Pendayagunaan akal pikiran dengan baik • Q.S. Fathir 27-28 Metode Pembelajaran • Ceramah • Tanya jawab • CTL Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan • Guru bertanya mengenai Pendayagunaan akal pikiran dengan baik • Guru memotivasi siswa mengenai pendayagunaan akal pikiran dengan baik • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Surat ( a.l.Q.S. Fathir : 27 -28 ) Kegiatan Inti 1). Eksplorasi • Guru menjelaskan Pendayagunaan akal pikiran dengan baik • Guru memberi penjelasan singkat mengenai surat ( a.l.Q.S. Fathir : 27 -28 ) 2). Elaborasi • Guru menjelaskan tafsir dan ilmu tafsir. • Guru memberi penjelasan singkat mengenai Pendayagunaan akal pikiran dengan baik . 1) Konfirmasi • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan ) Kegiatan Penutup • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Sumber Belajar • Buku Tafsir • Ulumul Tafsir Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen / Soal  Menjelaskan pengertian Pendayagunaan akal pikiran dengan baik  Menterjemahkan secara mufradat Q.S. Fathir : 27-28  mengambil makna ijmali tentang akal pada Q.S. Fathir 27 – 28  memberikan contoh hasil pendayagunaan akal pikiran dengan baik Penilaian sikap, perilaku dan wawasan Tugas Individu Tes uraian jelaskan pengertian Pendayagunaan akal pikiran dengan baik Mengetahui Guru Bidang Studi Tafsir Rafiudin S, Ag Menes, 08 Februari 2012 Praktikan Ikhsan fauzi NIM. A.02080098 Kepala Madrasah M. Mu’amar, S, Ag, MH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : Madrasah Aliyah MA Pusat Mata Pelajaran : Tafsir dan ilmu Tafsir Kelas / Semester : XI / 2 Standar Kompetensi : Memahami tafsir dan ilmu tafsir, ilmu – ilmu Bantu tafsir al – quran, metode – metode tafsir serta menerapkan ilmu tafsir pada ayat – ayat sederhana Kompetensi Dasar : Menjelaskan pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan ( a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : : 53 - 54 ) Pertemuan ke - 2 (dua ) Alokasi Waktu : 2 X 45 menit ( 1 pertemuan) Tujuan Pembelajaran • Siswa dapat Memahami pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan ( a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 - 54 ) Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Materi Pembelajaran • Pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan • a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : : 53 - 54 Metode Pembelajaran • Ceramah • Tanya jawab • CTL Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan Guru bertanya mengenai • Pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan • Guru memotivasi siswa mengenai a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 - 54 • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca tafsir dan ilmu tafsir Kegiatan Inti 1). Eksplorasi • Guru menjelaskan a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat :53 – 54 • Guru memberi penjelasan singkat mengenai a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 - 54 2). Elaborasi • Guru menjelaskan tentang surat a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 - 54 • Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian tafsir dan ilmu tafsir. 3) Konfirmasi • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan ) Kegiatan Penutup • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Sumber Belajar • Buku Tafsir • Tafsir al - misbah Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen / Soal  Menjelaskan pengertian a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 - 54  Menterjemahkan secara mufradat a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 - 54  mengambil makna ijmali tentang ilmu pengembangan pada a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 – 54  menunjukan hasil penafsiran Quraisy Sihab pada a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 - 54 Penilaian sikap, perilaku dan wawasan Tugas Individu Tes uraian  jelaskan pengertian pada surat a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 - 54  Mentafsirkan surat a.l.Q.S. Al – Alaq: 1-5, Q.S. Fushilat : 53 – 54 Mengetahui Guru Bidang Studi Tafsir Rafiudin S, Ag Menes, 08 Februari 2012 Praktikan Bahrudin NIM. A.02080098 Kepala Madrasah M Mu’amar, S, Ag, MH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : Madrasah Aliyah MA Pusat Mata Pelajaran : Tafsir dan ilmu Tafsir Kelas / Semester : XI / 2 Standar Kompetensi : Memahami tafsir dan ilmu tafsir, ilmu – ilmu Bantu tafsir al – quran, metode – metode tafsir serta menerapkan ilmu tafsir pada ayat – ayat sederhana Kompetensi Dasar : Menjelaskan pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan hidup manusia ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) Pertemuan ke - 3 ( tiga ) Alokasi Waktu : 2 X 45 menit ( 1 pertemuan) Tujuan Pembelajaran • Siswa dapat Memahami Menjelaskan pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Materi Pembelajaran • Menjelaskan pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia • ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) Metode Pembelajaran • Ceramah • Tanya jawab • CTL Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan • Guru bertanya mengenai pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia • ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) • Guru memotivasi siswa mengenai ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) Kegiatan Inti 1). Eksplorasi • Guru menjelaskan tentang pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) • Guru memberi penjelasan singkat mengenai pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia 2). Elaborasi • Guru menjelaskan tentang pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) • Guru memberi penjelasan singkat mengenai tentang pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ). • Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan tentang pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) 3) Konfirmasi • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan ) Kegiatan Penutup • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Sumber Belajar • Buku Tafsir • Tafsir al - misbah Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen / Soal  Menjelaskan tentang pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 )  Menterjemahkan secara mufradat ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 )  mengambil makna ijmali tentang ilmu pengembangan pada ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 )  menunjukan hasil penafsiran Quraisy Sihab pada ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) Penilaian sikap, perilaku dan wawasan Tugas Individu Tes uraian  jelaskan pengertian tentang pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan manusia  Mentafsirkan surat ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) Mengetahui Guru Bidang Studi Tafsir Rafiudin S, Ag Menes, 08 Februari 2012 Praktikan Bahrudin NIM. A.02080098 Kepala Madrasah M. Mu’amar, S, Ag, MH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : Madrasah Aliyah MA Pusat Mata Pelajaran : Tafsir dan ilmu Tafsir Kelas / Semester : XI / 2 Standar Kompetensi : Memahami tafsir dan ilmu tafsir, ilmu – ilmu Bantu tafsir al – quran, metode – metode tafsir serta menerapkan ilmu tafsir pada ayat – ayat sederhana Kompetensi Dasar : Menjelaskan tentang tatacara menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) Pertemuan ke - 4 ( empat ) Alokasi Waktu : 2 X 45 menit ( 1 pertemuan) Tujuan Pembelajaran • Siswa dapat Memahami Menjelaskan pemanfaatan alam semesta bagi kesejahteraan ( a.l.Q.S. Al – Baqarah : 29. Q.S. Al- Jatsiyah: 12 ) Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Materi Pembelajaran • Tatacara menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik • ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) Metode Pembelajaran • Ceramah • Tanya jawab • CTL Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan • Guru bertanya mengenai tatacara menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik • ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) • Guru memotivasi siswa mengenai ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) Kegiatan Inti 1). Eksplorasi • Guru menjelaskan tentang tatacara menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik • Guru memberi penjelasan singkat mengenai surat ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) 2). Elaborasi • Guru menjelaskan tentang tatacara menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik • Guru memberi penjelasan singkat mengenai tentang ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) • Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan tentang tatacara menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan ) Kegiatan Penutup • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Sumber Belajar • Buku Tafsir • Tafsir al - misbah Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen / Soal • Menterjemahkan secara mufradat ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159 • Menterjemahkan secara mufrodat Q.S. Al- Hujurat: 9) • mengambil makna ijmali tentang ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9)  memberikan contoh salah satu cara menyelesaikan masalah dalam sidang Penilaian sikap, perilaku dan wawasan Tugas Individu Tes uraian  Bagai cara siswa menyelesaikan perselisihan dan masalah dengan baik  Mentafsirkan surat ( a.l.Q.S. Ali – Imran : 159,Q.S. Al- Hujurat: 9) Mengetahui Guru Bidang Studi Tafsir Rafiudin S, Ag Menes, 08 Februari 2012 Praktikan Bahrudin NIM. A.02080098 Kepala Madrasah M. Mu’amar, S, Ag, MH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : Madrasah Aliyah MA Pusat Mata Pelajaran : Tafsir dan ilmu Tafsir Kelas / Semester : XI / 2 Standar Kompetensi : Memahami tafsir dan ilmu tafsir, ilmu – ilmu Bantu tafsir al – quran, metode – metode tafsir serta menerapkan ilmu tafsir pada ayat – ayat sederhana Kompetensi Dasar : Menjelaskan tentang mendeskripsikan ta’aruf dalam kehidupan ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) Pertemuan ke - 5 ( lima ) Alokasi Waktu : 2 X 45 menit ( 1 pertemuan) Tujuan Pembelajaran • Siswa dapat Memahami Menjelaskan tentang mendeskripsikan ta’aruf dalam kehidupan ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Materi Pembelajaran • Menjelaskan tentang mendeskripsikan ta’aruf dalam kehidupan • ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) Metode Pembelajaran • Ceramah • Tanya jawab • CTL Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan • Guru bertanya mengenai tatacara ta’aruf dalam kehidupan • ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13 ) • Guru memotivasi siswa mengenai ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13 ) • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca (a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) Kegiatan Inti 1). Eksplorasi • Guru menjelaskan tentang tatacara ta’aruf dalam kehidupan • Guru memberi penjelasan singkat mengenai surat ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) 2). Elaborasi • Guru menjelaskan tentang tatacara ta’aruf dalam kehidupan • Guru memberi penjelasan singkat mengenai tentang ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) • Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan tentang Ta’aruf dalam kehidupan ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan ) Kegiatan Penutup • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Sumber Belajar • Buku Tafsir • Tafsir Al - Azhar Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen / Soal • Menterjemahkan secara mufradat ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) • Menterjemahkan secara mufrodat Q.S. Al- Hujurat: 9) • mengambil makna ijmali tentang konsef ta’aruf pada ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) Penilaian sikap, perilaku dan wawasan Tugas Individu Tes uraian  Sisiwa memberikan contoh Bagai cara siswa berta’ruf dalam kehidupan  Mentafsirkan surat ( a.l. Q.S. Al- Hujurat: 13) Mengetahui Guru Bidang Studi Tafsir Rafiudin S, Ag Menes, 08 Februari 2012 Praktikan Bahrudin NIM. A.02080098 Kepala Madrasah M. Mu’amar, S, Ag, MH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : Madrasah Aliyah MA Pusat Mata Pelajaran : Tafsir dan ilmu Tafsir Kelas / Semester : XI / 2 Standar Kompetensi : Memahami tafsir dan ilmu tafsir, ilmu – ilmu Bantu tafsir al – quran, metode – metode tafsir serta menerapkan ilmu tafsir pada ayat – ayat sederhana Kompetensi Dasar : Menjelaskan tentang kepemimpinan ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) Pertemuan ke - 6 ( enam) Alokasi Waktu : 2 X 45 menit ( 1 pertemuan) Tujuan Pembelajaran • Siswa dapat Memahami Menjelaskan tentang kepemimpinan ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Materi Pembelajaran • kepemimpinan • ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) Metode Pembelajaran • Ceramah • Tanya jawab • CTL Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan • Guru bertanya mengenai kepemimpinan ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) • Guru memotivasi siswa mengenai kepemimpinan ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) Kegiatan Inti 1). Eksplorasi • Guru menjelaskan tentang kepemimpinan • Guru memberi penjelasan singkat mengenai surat ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) 2). Elaborasi • Guru menjelaskan tentang kepemimpinan • Guru memberi penjelasan singkat mengenai kepemimpinan ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) • Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan tentang kepemimpinan ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan ) Kegiatan Penutup • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Sumber Belajar • Buku Tafsir • Tafsir Al - misbah Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen / Soal • Menterjemahkan secara mufradat ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) • mengambil makna ijmali tentang kepemimpinan ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) Penilaian sikap, perilaku dan wawasan Tugas Individu Tes uraian  menjelaskan kepemimpinan yang baik  Mentafsirkan surat ( a.l.Q.S. An-Nisa :59,Q.s. Al-Baqarah : 247 ) Mengetahui Guru Bidang Studi Tafsir Rafiudin S, Ag Menes, 08 Februari 2012 Praktikan Bahrudin NIM. A.02080098 Kepala Madrasah M. Mu’amar, S, Ag, MH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar