KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
1. Memiliki Landasan dan Wawasan Pendidikan
a.
Memahami landasan pendidikan: filosofi, disiplin ilmu
(ekonomi, psikologi, sosiologi, budaya, politik), dan ilmiah.
b.
Memahami dan menghayati hakikat manusia, hakikat
masyarakat, hakikat pendidikan, hakikat sekolah, hakikat guru, hakikat peserta
didik dan hakikat proses belajar mengajar
c.
Memahami
aliran-aliran pendidikan
d.
Menerapkan
pendekatan sistem dalam sekolah
e.
Memahami, menghayati, dan melaksanakan tujuan dan fungsi
pendidikan nasional
f.
Memahami kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan
nasional, propinsi, dan kabupaten/kota
g.
Memahami kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan
di SLTP
2. Memahami Sekolah sebagai Sistem
a. Menggunakan
sistem sebagai pegangan cara berfikir, cara mengelola dan cara menganalisis
sekolah
b.
Mengidentifikasi
dan mengembangkan jenis-jenis input sekolah
c.
Mengembangkan
proses sekolah (proses belajar mengajar, pengkoordinasian, pengambilan
keputusan, pemberdayaan, pemotivasian, pemantauan, pensupervisian,
pengevaluasian dan pengakreditasian).
d.
Meningkatkan
output sekolah (kualitas, produktivitas, efisiensi, efektivitas, dan inovasi)
e.
Memahami dan menghayati Standar Pelayanan Minimal (SPM)
f.
Melaksanakan
SPM secara tepat
g.
Memahami
lingkungan sekolah sebagai bagian dari sistem sekolah yang bersifat terbuka
3. Memahami Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
a.
Memahami dan menghayati hakikat otonomi pendidikan
b.
Memahami
dan menghayati hakikat pendidikan berbasis masyarakat (community based
education).
c.
Memahami
dan menghayati arti, tujuan dan karakteristik manajemen berbasis sekolah (school
based management)
d.
Memahami
kewenangan sekolah dalam kerangka otonomi pendidikan
e.
Memahami, menghayati, dan melaksanakan tahap-tahap
implementasi manajemen berbasis sekolah
f.
Mengevaluasi
tingkat keberhasilan manajemen berbasis sekolah.
4. Merencanakan Pengembangan Sekolah
a.
Mengidentifikasi
dan menyusun profil sekolah
b.
Mengembangkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah
c.
Mengidentifikasi fungsi-fungsi (komponen-komponen)
sekolah yang diperlukan untuk mencapai setiap sasaran sekolah
d.
Melakukan analisis SWOT terhadap setiap fungsi dan
faktor-faktornya
e.
Mengidentifikasi
dan memilih alternatif-alternatif pemecahan setiap persoalan
f.
Menyusun
rencana pengembangan sekolah
g.
Menyusun
program, yaitu mengalokasikan sumberdaya sekolah untuk merealisasikan rencana
pengembangan sekolah
h.
Menyusun
langkah-langkah untuk merealisasikan rencana pengembangan sekolah
i.
Membuat
target pencapaian hasil untuk setiap program sesuai dengan waktu yang
ditentukan (milestone)
5. Mengelola Kurikulum
a.
Memfasilitasi
sekolah untuk membentuk dan memberdayakan tim pengembang kurikulum
b.
Memberdayakan
tenaga kependidikan sekolah agar mampu menyediakan dokumen-dokumen kurikulum
c.
Memfasilitasi
guru untuk mengembangkan standar kompetensi setiap mata pelajaran
d.
Memfasilitasi
guru untuk menyusun silabus setiap mata pelajaran
e.
Memfasilitasi
guru untuk memilih buku sumber yang sesuai untuk setiap mata pelajaran
f.
Mengarahkan tenaga kependidikan untuk menyusun rencana
dan program pelaksanaan kurikulum
g.
Membimbing
guru dalam mengembangkan dan memperbaiki proses belajar mengajar
h.
Mengarahkan
tim pengembang kurikulum untuk mengupayakan kesesuaian kurikulum dengan kemajuan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks), tuntutan dan kebutuhan
masyarakat, dan kebutuhan peserta didik
i.
Menggali
dan memobilisasi sumberdaya pendidikan
j.
Mengidentifikasi
kebutuhan bagi pengembangan kurikulum lokal
k.
Mengevaluasi
pelaksanaan kurikulum
6. Mengelola Tenaga Kependidikan
a.
Mengidentifikasi
karakteristik tenaga kependidikan yang efektif
b.
Merencanakan tenaga kependidikan sekolah (permintaan,
persediaan, dan kesenjangan)
c.
Merekrut, menyeleksi, menempatkan, dan mengorientasikan
tenaga kependidikan baru
d.
Mengembangkan
profesionalisme tenaga kependidikan
e.
Memanfaatkan
dan memelihara tenaga kependidikan
f.
Menilai
kinerja tenaga kependidikan
g.
Mengembangkan
sistem pengupahan, reward, dan punishment yang mampu menjamin
kepastian dan keadilan
h.
Melaksanakan
dan mengembangkan sistem pembinaan karir
i.
Memotivasi
tenaga kependidikan
j.
Membina
hubungan kerja yang harmonis
k.
Memelihara
dokumentasi personel sekolah atau mengelola administrasi personel sekolah
l.
Mengelola
konflik
m.
Melakukan analisis jabatan dan menyusun uraian jabatan
tenaga kependidikan
n.
Memiliki
apresiasi, empati, dan simpati terhadap tenaga kependidikan
7. Mengelola Sarana dan Prasarana
a. Mengupayakan
ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana sekolah (laboratorium,
perpustakaan, kelas, peralatan, perlengkapan, dsb.)
b.
Mengelola program perawatan preventif, pemeliharaan, dan
perbaikan sarana dan prasarana
c.
Mengidentifikasi spesifikasi sarana dan prasarana sekolah
d.
Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah
e.
Mengelola pembelian/pengadaan sarana dan prasarana serta
asuransinya
f.
Mengelola
administrasi sarana dan prasarana sekolah
g.
Memonitor dan mengevaluasi sarana dan prasarana sekolah
8. Mengelola Kesiswaan
a.
Mengelola
penerimaan siswa baru
b.
Mengelola
pengembangan bakat, minat, kreativitas dan kemampuan siswa
c.
Mengelola
sistem bimbingan dan konseling yang sistematis
d.
Memelihara
disiplin siswa
e.
Menyusun
tata tertib sekolah
f.
Mengupayakan
kesiapan belajar siswa (fisik, mental)
g.
Mengelola
sistem pelaporan perkembangan siswa
h.
Memberikan layanan penempatan siswa dan mengkoordinasikan
studi lanjut
9. Mengelola Keuangan
a. Menyiapkan
anggaran pendapatan dan belanja sekolah yang berorientasi pada program
pengembangan sekolah secara transparan
b.
Menggali
sumber dana dari pemerintah, masyarakat, orangtua siswa dan sumbangan lain yang
tidak mengikat
c.
Mengembangkan
kegiatan sekolah yang berorientasi pada income generating activities
d.
Mengelola
akuntansi keuangan sekolah (cash in and cash out)
e.
Membuat
aplikasi dan proposal untuk mendapatkan dana dari penyandang dana
f.
Melaksanakan
sistem pelaporan penggunaan keuangan
10. Mengelola Hubungan Sekolah-Masyarakat
a. Memfasilitasi dan
memberdayakan Dewan Sekolah/Komite Sekolah sebagai perwujudan pelibatan masyarakat
terhadap pengembangan sekolah
b.
Mencari dan mengelola dukungan dari masyarakat (dana,
pemikiran, moral dan tenaga, dsb) bagi pengembangan sekolah
c.
Menyusun rencana dan program pelibatan orangtua siswa dan
masyarakat
d.
Mempromosikan
sekolah kepada masyarakat
e.
Membina
kerjasama dengan pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat
f.
Membina
hubungan yang harmonis dengan orangtua siswa
11. Mengelola
Kelembagaan
a.
Menyusun
sistem administrasi sekolah
b.
Mengembangkan
kebijakan operasional sekolah
c.
Mengembangkan
pengaturan sekolah yang berkaitan dengan kualifikasi, spesifikasi, prosedur
kerja, pedoman kerja, petunjuk kerja, dsb.
d.
Melakukan
analisis kelembagaan untuk menghasilkan struktur organisasi yang efisien dan
efektif
e.
Mengembangkan
unit-unit organisasi sekolah atas dasar fungsi
12. Mengelola
Sistem Informasi Sekolah
a. Mengembangkan
prosedur dan mekanisme layanan sistem informasi, serta sistem pelaporan
b.
Mengembangkan
pangkalan data sekolah (data kesiswaan, keuangan, ketenagaan, fasilitas, dsb)
c.
Mengelola
hasil pangkalan data sekolah untuk merencanakan program pengembangan sekolah
d.
Menyiapkan pelaporan secara sistematis, realistis dan
logis
e.
Mengembangkan
SIM berbasis komputer
13. Memimpin
Sekolah
a.
Memahami
teori-teori kepemimpinan
b.
Memilih strategi yang tepat untuk mencapai visi, misi,
tujuan, dan sasaran sekolah
c.
Memiliki
power dan kesan positif untuk mempengaruhi bawahan dan orang lain
d.
Memiliki
kemampuan (intelektual dan kalbu) sebagai smart school principal agar
mampu memobilisasi sumberdaya yang ada di lingkungannya
e.
Mengambil keputusan secara terampil (cepat, tepat dan
cekat)
f.
Mendorong
perubahan (inovasi) sekolah
g.
Berkomunikasi
secara lancar
h.
Menggalang teamwork yang kompak, cerdas dan
dinamis
i.
Mendorong
kegiatan yang bersifat kreatif
j.
Menciptakan
sekolah sebagai organisasi belajar (learning organization)
14. Mengembangkan
Budaya Sekolah
a. Menerapkan dan
mengembangkan nilai-nilai kehidupan sekolah yang demokratis
b.
Membentuk
budaya kerjasama (school corporate culture) yang kuat
c.
Menumbuhkan
budaya profesionalisme warga sekolah
d.
Menciptakan
iklim skeolah yang kondusif-akademis
e.
Menumbuhkembangkan
keragaman budaya dalam kehidupan sekolah
f.
Mengembangkan
budaya kewirausahaan sekolah
15. Memiliki dan Melaksanakan Kreatifitas, Inovasi dan Jiwa Kewirausahaan
a.
Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan
(inovasi) sekolah
b.
Menggunakan
metode, teknik dan proses perubahan sekolah
c.
Menumbuhkan
iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi
d.
Mendorong
warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa/keberanian moral untuk
melakukan hal-hal baru
e.
Menghargai
hasil-hasil kreativitas warga sekolah dengan memberikan rewards
f.
Menumbuhkan
jiwa kewirausahaan warga sekolah
16. Mengembangkan
Diri
a.
Mengidentifikasi
karakteristik kepala sekolah tangguh (efektif)
b.
Mengembangkan
kemampuan diri pada dimensi tugasnya
c.
Mengembangkan
dirinya pada dimensi proses (pengambilan keputusan,
pengkoordinasian/penyerasian, pemberdayaan, pemrograman, pengevaluasian, dsb.)
d.
Mengembangkan
dirinya pada dimensi lingkungan (waktu, tempat, sumberdaya dan kelompok
kepentingan)
e.
Mengembangkan
keterampilan personal yang meliputi organisasi diri, hubungan antarmanusia,
pembawaan diri, pemecahan masalah, gaya
bicara dan gaya
menulis
17. Mengelola
Waktu
a.
Mengelola
waktu belajar
b.
Mengelola
waktu bimbingan dan konseling
c.
Mengelola
waktu penilaian
d.
Mengelola
waktu ekstra kurikuler
e.
Mengelola
waktu rekreasi
f.
Mengelola
waktu hari-hari besar/libur
18. Menyusun
dan Melaksanakan Regulasi Sekolah
a. Merumuskan regulasi
sekolah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
b.
Melaksanakan
regulasi sekolah secara tepat dan mendorong penegakan hukum (law enforcement)
c.
Menjamin
adanya kepastian dan keadilan untuk memperoleh layanan pendidikan bagi warga
sekolah
d.
Menjamin
pemerataan dan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan (equity and
equality of educational opportunity)
19. Memberdayakan
Sumberdaya Sekolah
a.
Mengidentifikasi
potensi-potensi sumberdaya sekolah yang dapat dikembangkan
b.
Memahami
tujuan pemberdayaan sumberdaya
c.
Mengemukakan
karakteristik sekolah berdaya
d.
Mengemukakan
contoh-contoh yang dapat membuat sekolah berdaya
e.
Merencanakan
cara-cara memberdayakan sekolah
f.
Melaksanakan
pemberdayaan sekolah
g.
Menilai
tingkat keberdayaan sekolah
20. Melakukan
Koordinasi/Penyerasian
a.
Mengkoordinasikan/menyerasikan
sumberdaya sekolah dengan tujuan sekolah
b.
Menyiapkan
input manajemen untuk mengelola sumberdaya
c.
Mengintegrasikan
permasalahan dan menyinkronkan ketatalaksanaan program
d.
Menyusun
mekanisme koordinasi antar unit-unit organisasi sekolah
21. Mengambil
Keputusan secara Terampil
a.
Menjaring
informasi berkualitas sebagai bahan untuk mengambil keputusan
b.
Mengambil
keputusan secara terampil (cepat, tepat, cekat)
c.
Memperhitungkan
akibat pengambilan keputusan dengan penuh perhitungan (least cost and most
benefit)
d. Menggunakan
sistem informasi sekolah sebagai dasar dalam pengambilan keputusan
22. Melakukan
Monitoring dan Evaluasi
a.
Memahami dan menghayati arti, tujuan dan teknik
monitoring dan evaluasi
b.
Mengembangkan
sistem monitoring dan evaluasi sekolah
c.
Mengidentifikasi
indikator-indikator sekolah yang efektif dan menyusun instrumen
d.
Menggunakan
teknik-teknik monitoring dan evaluasi
e.
Menyosialisasikan dan mengarahkan pelaksanaan monitoring
dan evaluasi
f.
Menganalisis
data monitoring dan evaluasi
g.
Memiliki
komitmen kuat untuk memperbaiki kinerja sekolah berdasarkan hasil monitoring
dan evaluasi
23. Melaksanakan
Supervisi (Penyeliaan)
a.
Memahami dan menghayati arti, tujuan dan teknik supervisi
b.
Menyusun
program supervisi pendidikan
c.
Melaksanakan
program supervisi
d.
Memanfaatkan
hasil-hasil supervisi
e.
Melaksanakan
umpan balik dari hasil supervisi
24. Menyiapkan, Melaksanakan dan Menindaklanjuti
Hasil Akreditasi
a.
Memahami dan mensosialisasikan aspek-aspek yang
diakreditasi
b.
Melakukan
evaluasi diri
c.
Memfasilitasi
pelaksanaan akreditasi
d.
Menindaklanjuti
hasil akreditasi untuk meningkatkan mutu sekolah
25. Membuat Laporan Akuntabilitas Sekolah
a.
Menyebutkan dan memahami konsep-konsep laporan
b.
Membuat
laporan akuntabilitas kinerja sekolah
c.
Mempertanggungjawabkan
hasil kerja sekolah kepada stakeholders
d.
Membuat
keputusan secara cepat, tepat, dan cekat berdasarkan hasil pertanggungjawaban
e.
Memperbaiki perencanaan sekolah untuk jangka pendek,
menengah dan panjang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar