PENGARUH
KONDISI RUANGAN BELAJAR
TERHADAP PROSES
PEMBELAJARAN SISWA KLS VII
SMP AL – FURQON KECAMATAN
MAUK KABUPATEN TANGERANG
( Penelitian Di SMP Al-Furqon Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang
)
PROPOSAL SKRIPSI
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Sebagai Persyaratan
Dalam Pembuatan Skripsi
Fakultas Agama Universitas Mathla’ul anwar Banten
Di susun oleh :
IKHSAN FAUZI
NIM : A. 02.08.0088
FAKULTAS AGAMA
UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR PANDEGLANG
BANTEN 2011-2012
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya
sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini tepat waktu.
Penulis mencoba mengangkat permasalahan dengan judul skripsi : PENGARUH KONDISI RUANGAN BELAJAR
TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SISWA KLS VII SMP AL – FURQON KECAMATAN MAUK KABUPATEN TANGERANG. Dengan hati yang tulus penulis mengucapkan terimakasih yang tak
terhingga kepada :
1. Bapak Prof. Dr. Ir. H. Herman Haeruman,
Js. MF. Rektor Universitas Mathla’ul Anwar Cikaliung Pandeglang Banten
2. Bapak Drs, Jihadudin, M.Pd. Dekan
Fakultas Agama Universitas Mathla’ul Anwar
Cikaliung Pandeglang Banten
3. Bapak Drs. H. Munir Satiar, M.Si. Selaku Ketua Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Universitas
Mathla’ul Anwar Cikaliung Pandeglang Banten
4. Seluruh Dosen dan Staf Akademik Fakultas Agama
5. Kudua orang tua yang telah banyak
memberikan motivasi dan do’a sehingga penyusunan skripsi ini dapat terlaksana
6. Teman – teman dan semua pihak yang telah
banyak membantu penulisan sehingga penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan
Akhirnya hanya kepada Allah
jualah segala rasa dan kreativitas saya curahkan dengan memohon petunjuk dan
bimbingan-Nya semoga skripsi ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan
masyarakat akademik pada umumnya. Amin
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Padeglang, 21 Januari 2012
Penulis
|
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................... .... i
DAFTAR ISI ...................................................................................................... .... ii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................ .... 1
A.Latar Belakang Masalah ............................................................. .... 2
B. Rumusan Dan Batasan Masalah ................................................ .... 3
C. Tujuan Penelitian ......................................................................... .... 4
D. Krangka Berfikir.......................................................................... .... 4
E. Hipotesis......................................................................................... .... 5
F. Sistematika Pembahasan.............................................................. .... 6
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah satu-satunya upaya
untuk membentuk manusia seutuhnya, bahkan maju mundurnya suatu Negara
ditentukan oleh maju mundurnya pendidikan yang diberikan pada masyarakat.
Sebagaimana Firman Allah dalam Qur’an
Surat Al-Mujadallah ayat
يَا
أَيُّهَا اَّلذِيْنَ آمَنُوْا إِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِيْ اْلمَجَالِسِ
فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوا
يَرْفَعِ اللهُ اَّلذِيْنَ آمَنُوْا مِنْكُمْ
وَاَّلذِيْنَ أُوْتُوا اْلعِلْمِ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
(المجادله : ١١)
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu:
"Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah
akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu,
maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di
antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan
Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”[1]
|
Tujuannya ialah membantu orang belajar atau memanipulasi
(merekayasa) lingkungan sehingga memberi kemudahan bagi orang yang
belajar. Dalam proses pembelajaran bukan hanya guru dan anak didik saja
berperan di dalamnya melainkan mencakup semua kejadian maupun kegiatan yang
mungkin mempunyai pengaruh langsung pada proses belajar manusia. Kondisi
tersebut menunjukkan bahwa fungsi model pembelajaran pada bagaimana pelaksanaan
di sekolah, khususnya di dalam kegiatan pembelajaran yang merupakan kunci
keberhasilan tercapainya tujuan.
|
Namun sebesar apapun usaha guru dalam menyampaikan
materi pelajaran dikelas tanpa didikung oleh lingkungan belajar disekolah yang
memadai maka keberhasilan prestasi belajar siswa akan terhambat.
Oleh karena itu sangat menarik sekalai permasalahan
yang diambil yaitu tentang pengaruh kondisi ruangan terhadap proses
pembelajaran siswa maka dalam
kesempatan yang baik ini penulis bermaksud ingin melakukan penelitian terhadap
dilematika proses pembelajaran dengan judul
”PENGARUH KONDISI RUANGAN BELAJAR TERHADAP
PROSES PEMBELAJARAN SISWA KLS
VII SMP AL – FURQON KECAMATAN MAUK KABUPATEN TANGERANG.
A. Rumusan dan Batasan Masalah
a.
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian
latar belakang diatas, penulis membuat rumusan pembahasan masalah yang penulis
tuangkan dalam rumusan penelitian sebagai berikut :
§ Bagaimanakah Kondisi ruangan yang baik di SMP Al-furqon kecamatan Mauk Kabupaten
Tangerang ?
§ Bagaimanakah Proses
pembelajaran yang baik di SMP Al-furqon kecamatan Mauk Kabupaten
Tangerang ?
§
Adakah pengaruh Kondisi ruangan belajar di sekolah terhadap proses pembelajaran siswa di SMP Al-furqon kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang ?
|
b. Batasan Masalah
Untuk menghindari suatu pembahasan yang tidak perlu, penulis
membatasi pembahasan dalam pembuatan skripsi ini yaitu :
1. Hanya sebatas ruang lingkup Pengaruh kondisi ruangan SMP Al-furqon kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang ?
2. Terhadap proses pembelajaran Siswa SMP Al-furqon kecamatan Mauk Kabupaten
Tangerang ? .
B. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan
Penelitian yang penulis rencanakan
adalah sebagai berikut :
§ Untuk Mengetahui bagaimana kondisi ruangan yang baik SMP Al-furqon kecamatan Mauk Kabupaten
Tangerang ?
§ Untuk Mengetahui Bagai mana Proses pembelajaran di SMP Al-furqon kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang ?
§ Untuk Mengetahui adakah
pengaruh kondisi ruangan terhadap proses pembelajaran siswa SMP Al-furqon kecamatan Mauk Kabupaten
Tangerang ?
C. Kerangka
Berfikir
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kondisi adalah :
§ Ilmu dan seni menggunakan semua
sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan
damai.
§ Keadaan [3]
Adapun
dari ketiga pengertian diatas, yang sangat relevan dengan permasalahan yang
akan dibahas dan pengertian yang selanjutnya adalah proses.
Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang
Standar Proses adalah
§ standar nasional pendidikan yang
berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai
kompetensi lulusan[4].
Belajar adalah sebagaimana tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
(KBBI), juga memiliki beberapa arti, diantaranya adalah :
§ Petunjuk seseorang supaya
diketahui ( diturut)[5]
Pembelajaran adalah sebagaimana tercantum dalam peraturan mentri
pendidikan nasional nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan
pendidikan dasar dan menengah adalah :
§
Menurut UUSPN No.20 Tahun 2003 dijelaskan
bahwa Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan
sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.[7]
|
D.
Hipotesis
|
Hipotesis
adalah pernyataan yang masih lemah kebenarannya dan masih perlu dibuktikan
kenyataannya.[8]
Jadi untuk mengetahui kebenarannya perlu mengadakan pengujia benar tidaknya
praduga tersebut. Menurut Drs. Cholid Narbuko dkk, ada dua jenis hipotesis,
yaitu hipotesis tentang perbedaan dan hipotesis tentang hubungan.
Hipotesis
perbedaan mendasari berbagai penelitian komperatif sedangkan hipotesis hubungan
mendasari berbagai penelitian korelatif.[9] Dalam penelitian ini penulis menggunakan
hipotesis hubungan karena penelitian ini bersifat korelatif.
E.
Sistematika Pembahasan
Dalam rangka mempermudah penulisan skripsi
ini, penulis menyusun sistimatika penulisan dalam bentuk bab-bab. Kemudian
penulis uraikan lagi menjadi sub-sub bab
tertentu yang secara simpel terurai
dalam penjelasan dan rincian berikut :
BAB I
|
Pendahuluan
yang meliputi :
Latar belakang masalah, rumusan dan
batasan masalah, , tujuan penelitian,
Kerangka berfikir, Hipotesis dan Sistematika Pembahasan.
|
.
|
DAFTAR PUSTAKA
Rifa’i
Moh, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, Wicaksana, 1994
Depdikbud,
Kamus Besar Bahasa Indonesia,
(Jakarta, Balai Pustaka, 1991) cet ke-2
Softwer
Kamus besar B.indonesia (KBBI versi 1.1
by Ebta Setiawan )
Bambang
sudipyo,standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah (Jakarta tgl
23 November 2007 mentri pendidikan nasional)
Cholid
Narbuko dkk, Metodologi Penelitian (Jakarta, PT.Bumi Aksara, 2003) cet.ke-5
[1]Rifa’i Moh, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, Wicaksana,
1994, Hal 910
[2]Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta,
Balai Pustaka, 1991),cet ke-2. h. 964.
[3]Softwer Kamus besar B.indonesia (KBBI versi 1.1 by Ebta Setiawan )
[4] Bambang sudipyo,standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan
menengah (Jakarta tgl 23 November 2007 mentri pendidikan nasional) h.2.
[5] Softwer Kamus besar B.indonesia (KBBI versi 1.1 by Ebta Setiawan
[6]Bambang
sudipyo,standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah (Jakarta tgl 23 November 2007 mentri pendidikan nasional)
h.2.
[7] http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/12/pengertian-pembelajaran.html
tgl 21, January ,2012
[8] Cholid Narbuko dkk, Metodologi Penelitian (Jakarta, PT.Bumi Aksara,
2003) cet.ke-5, h.28.
[9] Ibid. h.29
Tidak ada komentar:
Posting Komentar