Pengertian Psikologi Perkembangan
|
|
1. Pengertian Psikologi Perkembangan
|
Psikologi perkembangan ialah
suatu ilmu yang
merupakan bagian dari
psikologi. Dalam
ruang lingkup
psikologi, ilmu ini
termasuk psikologi khusus,
yaitu psikologi yang
mempelajari kekhususan
dari pada tingkah laku individu.
|
2. Kegunaan psikologi perkembangan.
|
Berikut ini akan dikemukakan kegunaan
psikologi perkembangan sebagai berikut:
|
Dengan
mempelajari psikologi, orang
akan mengetahui fakta-fakta
dan prinsip-prinsip
|
mengenai tingkah laku
manusia.
|
Untuk
memahami diri kita
sendiri dengan mempelajari
psikologi sedikit banyak
orang
|
akan mengetahui
kehidupan jiwanya sendiri,
baik segi pengenalan,
perasaan, kehendak,
maupun tingkah laku
lainnya.
|
Dengan mengetahui jiwanya dan memahami
dirinya itu maka orang dapat menilai dirinya
|
sendiri.
|
Pengenalan
dan pemahaman terhadap
kehidupan jiwa sendiri
merupakan bahan yang
|
sangat penting untuk
dapat memahami kehidupan jiwa orang lain.
|
Dengan
bekal pengetahuan psikologi
juga dapat dipakai
sebagai bahan untuk
menilai
|
tingkah laku
normal, sehingga kita
dapat mengetahui apakah
tingkah laku seseorang
itu
sesuai tidak dengan tingkat kewajarannya, termasuk tingkat kenormalan
tingkah laku kita
sendiri.
|
|
Pengetahuan
Psikiologi Perkembangan, sangat
berguna bagi guru,
yaitu dengan bekal
psikologi perkembangan:
|
o Mereka
dapat memilih dan
memberikan materi pendidikan
dan pengajaran yang
sesuai
|
dengan kebutuhan anak
didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu.
|
o Mereka
dapat memilih metode
pengajaran dan menggunakan
bahasa yang sesuai
dengan
|
tingkat perkembangan
pemahaman murid-murid mereka.
|
|
Pengertian Psikologi Perkembangan
|
Psikologi
Perkembangan merupakan cabang dari psikologi. Psikologi (Psychology dari
bahasa
yunani
dari kata “psycho” yang berarti roh, jiwa (daya hidup) dan “logos” berarti
ilmu, secara
harfiah
psikologi berarti “ilmu jiwa”.
|
Pengertian menurut para
ahli:
|
David G Myers (1996)
Psikologi perkembangan “a
branch of psychologu that studies physical, coginitive, and social
|
change throughout the life span”
|
Kevil L.Seifert &
Robert J Hoffnung (1994)
Psikologi Perkembangan
“The schientificy study of how thoughts, feeling, personalitu, social
relationships, and body
of motor skill envolve as an individual grows older”
|
Linda L Daidoff (1991)
Psikologi Perkembangan
adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan
perkembangan stuktur
jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak
terbentuknya makhluk itu
melalui pembuahan hingga menjelang mati.
|
M Lenner (1976)
Psikologi perkembangan
sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan
fungsi-fungsi psikologis
sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-
anak, memiliki persamaan
dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan
berkembangn dari
anak-anak, remaja, sampai dewasa.
|
Kesimpulan
:
Psikologi
Perkembangan adalah cabang dari psikologi yang mempelajari secara sistematis
perkembangan
perilaku manusia secara ontogenik, yaitu mempelajari struktur jasmani,
perilaku,
maupun
fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya (life span) dari masa
konsepsi
hingga
menjelang mati.
|
Pengertian
Psikologi Pekembangan
|
Psikologi perkembangan
adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan
dan perubahan aspek
kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan mati. Terapan dari ilmu
psikologi perkembangan
digunakan di bidang berbagai bidang seperti pendidikan dan
pengasuhan, pengoptimalan
kualitas hidup dewasa tua, penanganan remaja.
|
Beberapa definisi
psikologi perkembangan menurut para ahli :
|
• Menurut Monks, Knoers dan Haditono bahwa
“psikologi perkembangan adalah suatu
|
ilmu yang lebih
mempersolankan faktor-faktor umum yang mempengaruhi proses
perkembangan (perubahan)
yang terjadi dalam diri pribadi seseorang dengan menitik
beratkan pada relasi
antara kepribadian dan perkembangan.”
|
• Menurut Kartono bahwa “Psikologi
perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu
|
yang mempelajari tingkah
laku manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak
pemain, anak sekolah,
masa remaja sampai periode adolesense menjelang dewasa.”
|
• Encyclopedia International : “Developmental
psychology is a branch of psychology
|
devoted been placed on
the search for those elements of behavior in the child which are
thought to be
prerequisite for complex adult behavior.”(Psikologi perkembangan adalah
suatu cabang dari
psikologi yang mengetengahkana
pembahasan tentang perilaku anak
secara historic titik
berat pembahasannya pada penganalisaan elemen-elemen perilaku anak
yang dimungkinkan akan
menjadi syarat terbentuknya perilaku dewasa yang kompleks).
|
• Good dalam Dictionary Of Education :
“Developmental psychology: the branch of
|
psychology concerned with
the course of progressive stages of behavior, considered
phylogenetically anda
ontogenetically, and including both the phase of growth and of
decline, broder in
meaning than genetic psychology, though the terms are frequently use
interchangeably.”
Dapat disimpulkan bahwa :
Psikologi perkembangan
adalah cabang dari psikologi yang membahas tentang arah atau
tahapan kemajuan dari
perilaku yang mempertimbangkan ph ylogenetic dan ontogenetic,
termasuk semua phase
pertumbuhan dan penurunan. Hal ini berarti adanya pembatasan yang
lebih luas dari
pengertian ilmu jiwa keturunan, walaupun bentuk dan polanya ada
persamaannya serta dapat
dipertukarkan).
|
Pengertian
Ilmu Jiwa Perkembangan
|
Psikologi berasal
dari bahasa yunani
“psyche” yang berarti
jiwa dan logos
yang berarti
|
jiwa. Jadi
secara harfiah psikologi
adalah ilmu yang
mempelajari tentang jiwa.
Psikologi tidak
mempelajari jiwa
itu secara langsung
karena sifatnya yang
abstrak, tetapi psikologi
membatasi
pada manisfestasi dan
ekspresi dari jiwa
tersebut yakni berupa
tingkah laku dan
proses atau
kegiatannya, sehingga
psikologi dapat dapat
di definisikan sebagai
ilmu pengetahuan yang
mempelajari tingkah laku
dan proses mental.
|
Perkembangan adalah
proses perubahan yang
lebih dapat mencerminkan sifat-sifat
|
mengenai gejala
psikologis yang tampak.
|
Adapun definisi psikologi
perkembangan menurut para ahli adalah
sebagai berikut:
|
a. Menurut
Prof. .Dr. F.J.
Monks, Prof.Dr. A.M.P.
Kenoers, dan Prof.
Dr Siti Rahayu
|
haditoro, psikologi
perkembangan adalah suatu
ilmu yang lebih
mempersoalkan foktor-
faktor umum
yang mempengaruhi proses
perkembangan yang terjadi
dalam diri pribadi
seseorang
, dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan
perkembangan.
|
b. Menurut
Dra. Kartini Kartono,
psikologi perkembangan adalah
suatu ilmu yang
|
memperlajari tingkah
laku manusia yang
dimulai pada periode
masa bayi, anak
pemain,
anak sekolah, masa
remaja, sampai periode adolesens menjelang dewasa.
|
Jadi, psikologi perkembangan merupakan
cabang dari psikologi yang
mempelajari proses
|
perkembangan individu
baik sebelum maupun
setelah kelahiran berikut
kematangan perilaku.
Selain itu,
psikologi perkembangan merupakan
cabang psikologi yang
mempelajari perubahan
tingkah
laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa
konsepsi
sampai
mati.
|
|
|
|
Pengertian Psikologi Perkembangan
|
|
1. Pengertian Psikologi Perkembangan
|
Psikologi perkembangan ialah
suatu ilmu yang
merupakan bagian dari
psikologi. Dalam
ruang lingkup
psikologi, ilmu ini
termasuk psikologi khusus,
yaitu psikologi yang
mempelajari kekhususan
dari pada tingkah laku individu.
|
2. Kegunaan psikologi perkembangan.
|
Berikut ini akan dikemukakan kegunaan
psikologi perkembangan sebagai berikut:
|
Dengan
mempelajari psikologi, orang
akan mengetahui fakta-fakta
dan prinsip-prinsip
|
mengenai tingkah laku
manusia.
|
Untuk
memahami diri kita
sendiri dengan mempelajari
psikologi sedikit banyak
orang
|
akan mengetahui
kehidupan jiwanya sendiri,
baik segi pengenalan,
perasaan, kehendak,
maupun tingkah laku
lainnya.
|
Dengan mengetahui jiwanya dan memahami
dirinya itu maka orang dapat menilai dirinya
|
sendiri.
|
Pengenalan
dan pemahaman terhadap
kehidupan jiwa sendiri
merupakan bahan yang
|
sangat penting untuk
dapat memahami kehidupan jiwa orang lain.
|
Dengan
bekal pengetahuan psikologi
juga dapat dipakai
sebagai bahan untuk
menilai
|
tingkah laku
normal, sehingga kita
dapat mengetahui apakah
tingkah laku seseorang
itu
sesuai tidak dengan tingkat kewajarannya, termasuk tingkat kenormalan
tingkah laku kita
sendiri.
|
|
Pengetahuan
Psikiologi Perkembangan, sangat
berguna bagi guru,
yaitu dengan bekal
psikologi perkembangan:
|
o Mereka
dapat memilih dan
memberikan materi pendidikan
dan pengajaran yang
sesuai
|
dengan kebutuhan anak
didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu.
|
o Mereka
dapat memilih metode
pengajaran dan menggunakan
bahasa yang sesuai
dengan
|
tingkat perkembangan
pemahaman murid-murid mereka.
|
|
Pengertian Psikologi Perkembangan
|
Psikologi
Perkembangan merupakan cabang dari psikologi. Psikologi (Psychology dari
bahasa
yunani
dari kata “psycho” yang berarti roh, jiwa (daya hidup) dan “logos” berarti
ilmu, secara
harfiah
psikologi berarti “ilmu jiwa”.
|
Pengertian menurut para
ahli:
|
David G Myers (1996)
Psikologi perkembangan “a
branch of psychologu that studies physical, coginitive, and social
|
change throughout the life span”
|
Kevil L.Seifert &
Robert J Hoffnung (1994)
Psikologi Perkembangan
“The schientificy study of how thoughts, feeling, personalitu, social
relationships, and body
of motor skill envolve as an individual grows older”
|
Linda L Daidoff (1991)
Psikologi Perkembangan
adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan
perkembangan stuktur
jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak
terbentuknya makhluk itu
melalui pembuahan hingga menjelang mati.
|
M Lenner (1976)
Psikologi perkembangan
sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan
fungsi-fungsi psikologis
sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-
anak, memiliki persamaan
dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan
berkembangn dari
anak-anak, remaja, sampai dewasa.
|
Kesimpulan
:
Psikologi
Perkembangan adalah cabang dari psikologi yang mempelajari secara sistematis
perkembangan
perilaku manusia secara ontogenik, yaitu mempelajari struktur jasmani,
perilaku,
maupun
fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya (life span) dari masa
konsepsi
hingga
menjelang mati.
|
Pengertian
Psikologi Pekembangan
|
Psikologi perkembangan
adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan
dan perubahan aspek
kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan mati. Terapan dari ilmu
psikologi perkembangan
digunakan di bidang berbagai bidang seperti pendidikan dan
pengasuhan, pengoptimalan
kualitas hidup dewasa tua, penanganan remaja.
|
Beberapa definisi
psikologi perkembangan menurut para ahli :
|
• Menurut Monks, Knoers dan Haditono bahwa
“psikologi perkembangan adalah suatu
|
ilmu yang lebih
mempersolankan faktor-faktor umum yang mempengaruhi proses
perkembangan (perubahan)
yang terjadi dalam diri pribadi seseorang dengan menitik
beratkan pada relasi
antara kepribadian dan perkembangan.”
|
• Menurut Kartono bahwa “Psikologi
perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu
|
yang mempelajari tingkah
laku manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak
pemain, anak sekolah,
masa remaja sampai periode adolesense menjelang dewasa.”
|
• Encyclopedia International : “Developmental
psychology is a branch of psychology
|
devoted been placed on
the search for those elements of behavior in the child which are
thought to be
prerequisite for complex adult behavior.”(Psikologi perkembangan adalah
suatu cabang dari
psikologi yang mengetengahkana
pembahasan tentang perilaku anak
secara historic titik
berat pembahasannya pada penganalisaan elemen-elemen perilaku anak
yang dimungkinkan akan
menjadi syarat terbentuknya perilaku dewasa yang kompleks).
|
• Good dalam Dictionary Of Education :
“Developmental psychology: the branch of
|
psychology concerned with
the course of progressive stages of behavior, considered
phylogenetically anda
ontogenetically, and including both the phase of growth and of
decline, broder in
meaning than genetic psychology, though the terms are frequently use
interchangeably.”
Dapat disimpulkan bahwa :
Psikologi perkembangan
adalah cabang dari psikologi yang membahas tentang arah atau
tahapan kemajuan dari
perilaku yang mempertimbangkan ph ylogenetic dan ontogenetic,
termasuk semua phase
pertumbuhan dan penurunan. Hal ini berarti adanya pembatasan yang
lebih luas dari
pengertian ilmu jiwa keturunan, walaupun bentuk dan polanya ada
persamaannya serta dapat
dipertukarkan).
|
Pengertian
Ilmu Jiwa Perkembangan
|
Psikologi berasal
dari bahasa yunani
“psyche” yang berarti
jiwa dan logos
yang berarti
|
jiwa. Jadi
secara harfiah psikologi
adalah ilmu yang
mempelajari tentang jiwa.
Psikologi tidak
mempelajari jiwa
itu secara langsung
karena sifatnya yang
abstrak, tetapi psikologi
membatasi
pada manisfestasi dan
ekspresi dari jiwa
tersebut yakni berupa
tingkah laku dan
proses atau
kegiatannya, sehingga
psikologi dapat dapat
di definisikan sebagai
ilmu pengetahuan yang
mempelajari tingkah laku
dan proses mental.
|
Perkembangan adalah
proses perubahan yang
lebih dapat mencerminkan sifat-sifat
|
mengenai gejala
psikologis yang tampak.
|
Adapun definisi psikologi
perkembangan menurut para ahli adalah
sebagai berikut:
|
a. Menurut
Prof. .Dr. F.J.
Monks, Prof.Dr. A.M.P.
Kenoers, dan Prof.
Dr Siti Rahayu
|
haditoro, psikologi
perkembangan adalah suatu
ilmu yang lebih
mempersoalkan foktor-
faktor umum
yang mempengaruhi proses
perkembangan yang terjadi
dalam diri pribadi
seseorang
, dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan
perkembangan.
|
b. Menurut
Dra. Kartini Kartono,
psikologi perkembangan adalah
suatu ilmu yang
|
memperlajari tingkah
laku manusia yang
dimulai pada periode
masa bayi, anak
pemain,
anak sekolah, masa
remaja, sampai periode adolesens menjelang dewasa.
|
Jadi, psikologi perkembangan merupakan
cabang dari psikologi yang
mempelajari proses
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar